^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, June 18, 2012

Batik Muslimah Masa Kini

Pada masa nabi dan rasul orang Arab mengenakan pakaian yang lebar dan longgar sampai menutupi kaki. Bahkan, sering kali pakaian tersebut sampai menyapu lantai atau tanah. Namun, saat ini pakaian muslim semakin berkembang dan mengikuti mode, baik dari segi warna, model, maupun bahannya. Pakaian muslim semakin fleksibel dan menarik tanpa mengesampingkan kaidah berbusana muslim yang baik dan benar. Selain itu, bahannya juga semakin beragam dan nyaman dipakai. Bahkan, batik muslimah pun telah semakin banyak beredar di berbagai toko pakaian.

Batik Muslimah
Batik muslimah tidak selalu ditampilkan dengan model daster (busana yang panjang, longgar, dan besar). Seiring perkembangan busana yang amat pesat, batik muslimah dapat disesuaikan dengan berbagai peristiwa tanpa meninggalkan syarat agama Islam. Di dalam agama Islam setiap wanita wajib menutup bagian tubuhnya dari ujung rambut sampai mata kaki. Hal itu bertujuan agar bagian tubuh mereka tidak terlihat oleh orang lain yang bukan muhrimnya. Mereka hanya boleh memperlihatkan wajah dan kedua telapak tangannya. Oleh karena itu, batik muslimah cenderung dirancang tidak ketat, tidak transparan, dan tidak berlebihan.

Meskipun demikian, Anda bisa tetap tampil menarik dalam balutan batik muslimah. Sebenarnya penampilan menarik bergantung pada kesesuaian bentuk tubuh dengan pakaian yang dikenakan. Sebaiknya orang bertubuh kurus mengenakan batik muslimah bermotif geometris, hewan, bergaris, atau abstrak. Batik muslimah bermotif bunga atau polkadot akan cocok dikenakan oleh orang yang memiliki lekuk tubuh. Sedangkan, orang yang memiliki tubuh kombinasi (kurus dan memiliki lekuk tubuh) cenderung cocok mengenakan batik muslimah dengan variasi dari motif hewan, geometris, bunga, dan lingkaran.

Selain memperhatikan bentuk tubuh, batik muslimah juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang. Contoh: bila memiliki dada besar, sebaiknya samarkan dengan batik muslimah berkerah datar atau model kimono. Lalu pilihlah model dan bahan yang sesuai dengan aktivitas. Bila banyak beraktivitas, sebaiknya pilih batik muslimah yang terdiri atas atasan batik dan celana panjang. Sebaiknya, pakaian tersebut juga terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Namun, bila aktivitasnya tidak terlalu banyak (cenderung diam), gaun batik muslimah akan membuat Anda tampak semakin anggun.

Selanjutnya, pastikan Anda memilih batik muslimah yang sesuai dengan kepribadian Anda dan juga sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

Artikel terkait: Baju Tanah Abang Online dan Batik Bunga.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment