^.^...Have a Nice Day...^.^

Friday, May 11, 2018

Kain Twistcone, Kain Hycon, dan Kain Ceruti

KAIN TWISTCONE
Kain TwistconeTingkat ketebalan kain twistcone berbeda-beda. Biasanya kain twistcone yang berwarna gelap tidak terlihat terlalu menerawang (tembus pandang) dibandingkan kain twistcone yang berwarna putih. Kain twistcone cocok untuk blazer, dress, kemeja, blouse, dan produk baju lainnya. Kain twistcone cocok dikenakan pada cuaca dingin.

Ciri-ciri kain twistcone, antara lain:
* ringan, lembut, dan jatuh di badan.
* bertesktur licin dan tipis, mirip kain sifon tetapi sedikit lebih tebal daripada kain sifon sehingga tidak memerlukan kain furing yang tebal.
* struktur benang pada kain tampak seperti kepang (twisted).
* cenderung panas dan tidak menyerap keringat tetapi tidak mudah bau.
* tidak bisa melar (stretch) sehingga cocok digunakan untuk busana resmi.

KAIN HYCON
Kain Hycon
Kain hycon terbuat dari campuran polyester dan sutera sehingga permukaannya licin dan halus. Seperti kain twistcone, kain hycon juga mirip dengan kain sifon tetapi kain hycon juga lebih tebal daripada kain sifon. Kain hycon banyak digunakan untuk jilbab karena sifatnya yang lembut, halus, elastis, dan dingin sehingga nyaman saat dipakai. Selain itu, kain hycon tidak licin dan bahannya jatuh atau tidak mengembang.

Kain hycon pun beragam kualitasnya. Kadang kala kain hycon dianggap sebagai kain semi sutera sehingga dapat juga dianggap sebagai bagian dari kain spandek. Seragam olah raga yang dijual murah biasanya dibuat dari kain hycon ini. Tampilannya mengkilap karena ada campuran polyester.

KAIN CERUTI
Kain Ceruti
Kain ceruti (cerutti) merupakan jenis kain sifon favorit karena kain ini sedikit lebih tebal dan lebih lembut daripada kain sifon lainnya. Tekturnya yang seperti kulit jeruk tetapi halus sangat praktis untuk membuat jilbab tanpa perlu penyematan jarum pentul terlalu banyak.

Kain hycon dan kain ceruti memiliki beberapa kemiripan dengan kain sifon karena keduanya merupakan hasil pengembangan kain sifon.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment