^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, June 18, 2012

Batik Garut: Pasangan Sempurna ‘tuk Menemani Hari Anda

Kadang kala menemukan batik tulis yang sempurna untuk setiap kesempatan dapat menjadi suatu hal yang luar biasa. Kini semakin banyak pakaian batik yang beredar di toko. Banyak di antaranya bukanlah batik tulis yang Anda cari. Di berbagai toko Anda akan menemukan batik Jawa, batik Kalimantan, batik Solo, batik Garut, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya pilihan yang tersedia, seringkali sulit untuk mencari yang tepat. Namun, sebelum memulai pencarian pakaian dari batik tulis, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis kain batik.

Batik Garut
Pada dasarnya, kain batik terbagi menjadi tiga jenis, yakni batik tulis, batik printing, dan batik cap. Salah satu contoh batik tulis yang ada di Indonesia adalah batik Garut . Sejak tahun 1945 batik Garut semakin terkenal dengan sebutan batik tulis Garutan. Kebanyakan batik Garut bermotif geometris, flora dan fauna. Warna dasarnya didominasi warna krem atau gading, soga agak merah, atau biru dan dipadukan dengan warna cerah lainnya.

Secara sepintas batik tulis, batik printing, dan batik cap terlihat hampir mirip sehingga orang awam cenderung salah menilai batik. Agar dapat menemukan sepasang pakaian sempurna dari kain batik Garut, berikut ini ada beberapa panduan tentang ketiga jenis batik.

Biasanya batik tulis tidak terlalu rapi karena dibuat dengan tangan; mempunyai keharuman yang khas karena dibuat dengan lilin khusus; terbuat dari kain katun, kain sutra, kain mori; dan harganya cenderung mahal karena pembuatannya dapat memakan waktu lama (hingga lebih dari sebulan). Batik tulis pun memiliki warna yang terlihat jelas, baik pada bagian depan maupun bagian belakang kain.

Batik printing cenderung meniru desain batik yang sudah ada; harganya relatif murah; dan jarang mengenakan kain mori atau kain sutra. Selain itu, warnanya juga tidak tembus ke bagian belakang kain karena yang diwarnai hanya bagian depan kain. Sementara itu, batik cap bercorak besar dan sama serta cenderung menggunakan kain yang kaku meskipun kadang-kadang juga menggunakan kain mori, kain katun, atau kain sutra. Ciri khas batik cap adalah warna di bagian depan kain terlihat jelas sedangkan warna di bagian belakang kain tampak buram.

Nah... kini setelah memahami jenis-jenis kain batik, Anda pun dapat mulai menelusuri berbagai toko batik untuk menemukan sepasang batik tulis yang sempurna.

Artikel terkait: Harga Sepatu Kickers dan Sepatu Distro.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment