^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, June 18, 2012

Tampil Gaya ala Batik Tasikmalaya

Di Indonesia ada beragam jenis batik yang unik dan menarik. Salah satunya adalah batik Tasikmalaya yang berada di wilayah Jawa Barat. Batik Tasikmalaya terdiri atas batik karajinan (wurug), batik tasikan, dan batik sukapura/ sukaraja. Batik sukapura berwarna hitam, merah marun, gading, putih, dan coklat. Batik tasikan bermotif alam, flora dan fauna. Batik ini hampir sama dengan batik Garut, tetapi warna batik tasikan lebih terang daripada batik Garut. Semua warna dasar batik Tasikmalaya adalah ungu, merah, hijau, soga, kuning, biru, atau orange.

Batik Tasikmalaya
Batik Tasikmalaya juga ada yang bermotifkan nuansa Parahyangan seperti burung dan bunga anggrek. Selain itu, batik Tasikmalaya juga bermotifkan akar, guci latar batu, tsunami, pisang bali, parang, merak ngibing, sapu jagat, merak, cala culu, dan gunung kawi. Motif flora dan fauna terinspirasi kehidupan penduduk yang kegiatan sehari-harinya tidak terlepas dari tema tersebut. Batik Tasikmalaya dapat ditemukan di daerah Sukapura kecamatan Sukaraja dan daerah Cipedes di Tasikmalaya.

Kelestarian batik perlu dijaga dan terus dikembangkan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, semakin banyak desainer membuat busana dari kain batik. Kini busana batik tidak lagi terkesan kuno sehingga makin disukai oleh banyak orang dari semua kalangan. Bila menyukai warna-warna cerah, batik tasik dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Namun, warna-warna cerah seperti biru muda, orange, dan merah muda akan terlihat lebih bagus untuk acara non formal. Untuk ke tempat kerja, sebaiknya pilih batik Tasikmalaya dengan warna gading, hitam, putih, coklat, dan biru tua.

Dengan konsep padu padan busana batik, penampilan pun akan terkesan semakin bergaya modern. Oleh karena itu, saat membeli busana batik untuk bekerja, usahakan untuk menyerasikan baju yang akan dibeli dengan warna dan model baju yang sudah dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memadu-padankan pakaian yang sudah dimiliki sehingga tetap dapat dikenakan. Bila ingin menghadiri pesta selepas kerja, cukuplah memadukan busana batik kantor tersebut dengan sesuatu yang terkesan mewah seperti selendang berbahan sutra atau organdi.

Artikel terkait: Sepatu 2011 dan Batik Bagus.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.