^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, April 23, 2018

Tips Menghindari Kesalahpahaman Belanja Online

Saat ini belanja online merupakan suatu cara yang efektif untuk menghemat waktu karena pembeli tak perlu bersusah payah ke pusat perbelanjaan. Selain itu, para pembeli juga tak perlu berdesak-desakkan dengan pembeli lainnya di sebuah toko yang ramai. Mereka hanya perlu menelusuri sejumlah toko online dengan jari mereka. Kemudian mereka pun bisa segera melakukan pembelian pakaian online, hanya dengan beberapa kali klik.

Oke, kelihatannya belanja online memang mudah. Namun, kemudahan belanja online ini pun bisa menimbulkan masalah jika tidak disertai pengetahuan atau pemahaman yang memadai perihal bahan kain yang dibeli dan peraturan toko online. Hal ini pun bisa menimbulkan kekecewaan, baik bagi pembeli maupun bagi penjual.

Kadangkala terjadi keributan antara pembeli dan penjual pakaian online karena masih banyak orang yang belum memahami bahan pakaian. Seringkali sejumlah orang kebingungan ketika hendak membeli pakaian yang nyaman secara online. Minimnya pengetahuan mereka tersebut seringkali menimbulkan kesalahpahaman antara pembeli dan penjual.

Tips Belanja Online
Beberapa pembeli menggerutu hingga marah-marah karena pakaian yang diterima tidak sesuai harapan mereka. Lantas mereka menuduh penjual tidak jujur atau merasa dibohongi oleh penjual padahal penjual telah mencantumkan ukuran pakaian dan bahan pakaian yang digunakan. Selain itu, acapkali pembeli juga malu bertanya di depan (bersikap sok tahu atau malas mencari informasi) sehingga tersesat kemudian. Ketidaktahuan pembeli inilah yang seringkali menimbulkan keributan.

Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus semakin rajin mencari informasi sebelum belanja pakaian online. Kita harus benar-benar memahami ukuran pakaian dan bahan pakaian yang akan kita beli secara online. Pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh kita. Jangan hanya terpaku pada ukuran S, M, L, XL, atau XXL karena kadang kala standar produsen tidak sama sehingga akan sangat menguntungkan jika kita mengetahui ukurannya secara detail, seperti ukuran lingkar dada, lingkar pinggang, panjang celana, dan sebagainya.

Nah, jika Anda ingin membeli bahan pakaian yang nyaman untuk dikenakan di tengah cuaca yang sangat terik, coba pilih pakaian berbahan kain berikut ini: katun, linen, viscose, sutera, dan katun jersey. Kelima bahan tersebut merupakan bahan kain yang populer dikenakan di tengah cuaca panas karena mudah menyerap keringat.

Selanjutnya, jangan lupa pula membaca peraturan toko online karena setiap toko online bisa memiliki kebijakan berbeda dalam hal pembayaran, retur, pengembalian dana (refund), komplain, kerusakan produk dalam pengiriman, dan sebagainya.

Kebanyakan toko online tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan produk yang terjadi dalam proses pengiriman karena pengiriman memang dilakukan oleh perusahaan lain yang berada di luar wewenang toko tersebut. Oleh karena itu, pilihlah jasa ekspedisi yang terbaik. Sekalipun toko online telah mengemas produk dengan baik, untuk pembelian dalam jumlah besar, sebaiknya tambahkan asuransi dan packing kayu untuk mengantisipasi adanya kerusakan saat pengiriman. Di samping itu, ada baiknya pelajari cara klaim penggantian produk ke perusahaan ekspedisi (jasa pengiriman) terkait untuk menghindari kerugian yang tak diinginkan.

Sekian tips belanja online dari kami. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.