^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, June 18, 2012

Kelestarian Mode Batik ada di Tangan Kita

Seiring dengan perkembangan mode batik para pengrajin batik semakin terpacu untuk memperbanyak produksi batik yang sudah langka. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestariannya dan mencegah terjadinya klaim negara lain terhadap batik di Indonesia. Museum Batik Danar Hadi merupakan salah satu tempat yang didedikasikan untuk melestarikan batik. Museum tersebut dapat ditemukan di kota Surakarta.

Mode Batik
Museum tersebut mempunyai 10.000 koleksi batik tetapi tidak dipajang semua. Setiap delapan bulan sekali sekitar 700 koleksi kain batik akan dipajang di museum. Para pengunjung dapat melihat bermacam-macam koleksi batik, antara lain batik danar hadi, batik petani, batik belanda, batik indonesia, batik pengaruh kraton, batik kraton, batik pengaruh india, batik jawa, batik hokokai, batik sudagaran, dan batik cina.

Museum Danar Hadi tidak hanya memamerkan koleksi batik. Demi menjaga kelestarian mode batik museum ini juga menyediakan beragam paket belajar membatik. Dengan demikian, pengunjung juga dapat mengikuti praktek membuat batik, baik batik tulis maupun batik cap. Namun, selain museum yang khas dengan bau sedap malam dan melati ini, Indonesia masih mempunyai beberapa museum batik lainnya, antara lain museum batik di Yogyakarta, Pekalongan, dan Jakarta.

Dengan berdirinya museum batik dapatlah kita mengharapkan mode batik terus berkembang dari satu generasi ke generasi-generasi lainnya. Selain itu, kita pun dapat turut serta dalam melestarikan mode batik, yaitu dengan mengenakan baju batik dalam berbagai kesempatan.

Saat ini baju batik telah hadir dalam berbagai pilihan warna dan motif yang semakin menarik. Untuk ke kantor kita dapat memilih warna dasar yang cenderung gelap atau warna pastel dengan motif kontemporer. Hal ini dapat membuat penampilan tampak rapi, sederhana, dan formal. Untuk ke pesta kita pilih warna dasar hitam atau coklat tua dengan motif klasik. Agar tidak terkesan santai, sebaiknya memilih bahan sutra atau satin. Sementara itu mode batik kontemporer dengan motif flora dapat dikenakan untuk acara kasual. Pilihan warnanya adalah biru, hijau, atau merah muda. Dengan balutan baju batik yang tepat penampilan kita akan semakin mempesona.

Artikel terkait: Batik Surakarta dan Reseller Sepatu.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment