^.^...Have a Nice Day...^.^

Monday, June 18, 2012

Rahasia Tersembunyi dari Atasan Batik

Atasan batik selalu menjadi salah satu pakaian dekoratif yang sangat dihargai karena kekayaan motif dan warnanya. Atasan batik yang paling dicari terutama berasal dari Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan daerah-daerah lainnya. Sebagian besar batik masih dibuat oleh keluarga-keluarga kecil atau pabrik-pabrik lokal di Indonesia.

Atasan Batik
Pembuatan kain batik memakan banyak waktu dan membutuhkan kesabaran yang tinggi, terutama karena desain yang rumit. Di Indonesia ada tiga jenis metode dasar dalam membatik, yaitu:
  1. Menggambar dengan lilin: pola yang akan dibuat pada kain digambar dengan canting (alat tembaga yang digunakan untuk menggambar). Namun, terlebih dahulu lilin cair harus dimasukkan ke dalam canting.
  2. Menggunakan alat cetak buatan untuk menampung lilin panas.
  3. Metode campuran atau kombinasi: memadukan kedua metode di atas untuk membuat desain batik yang sangat rumit.
Setelah kain selesai dilukis dan mengering, langkah terakhir dari proses batik adalah menghapus lilin dengan menggunakan air panas mendidih dan soda kaustik. Setelah ini selesai dilakukan, akan terlihat garis-garis halus bekas lilin yang membentuk desain nan unik dari kain batik.

Atasan batik dikatakan dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya. Selain itu, juga dapat memberikan ketentraman dalam situasi yang sulit. Secara tradisional batik Indonesia telah dibuat dengan menggunakan parafin atau lilin, lilin serangga, resin pohon, atau minyak kelapa, tergantung dari bahan yang paling mudah tersedia bagi masyarakat setempat.

Karena desain kain batik yang begitu mempesona, banyak desainer di Indonesia mengembangkan pakaian atau atasan batik untuk keperluan sehari-hari, baik untuk acara kasual maupun acara formal. Kisah-kisah indah dan religius telah menginspirasi desain kain batik tersebut dan ini tertuang dalam berbagai pola-pola yang rumit. Awalnya motif Batik didominasi oleh karakter-karakter mitologi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Namun, sekarang batik modern juga dibuat dalam motif benda-benda alam seperti bunga, kupu-kupu, pohon, ikan, atau burung untuk kegiatan sehari-hari.

Kehadiran atasan batik di Indonesia telah menunjukkan keunggulan artistik dari masyarakatnya. Kini desain batik yang indah tersebut telah menyebar ke seluruh dunia dan Anda pun dapat menikmati keindahannya.

Artikel lain yang mengesankan: Katalog Sepatu dan Sepatu Model Baru

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment